25 Blogger Terbaik di Indonesia Berbagi Lebih dari 81 Tips Membuat Blog yang Sukses(2)

25 Blogger Terbaik di Indonesia Berbagi Lebih dari 81 Tips Membuat Blog yang Sukses

Lanjut Ke Part 2



Wientor Rah Mada — BixBux (Facebook)

Wientor Rah Mada BixBuxSebetulnya, semua dikembalikan kepada tujuan kita membuat blog.
Saya melihat ada banyak blogger yang justru terperangkap oleh ‘pendapatan online’ seperti AdSense atau PPC yang lain.
Perangkap ini akan membuat blogger menjadi budak keinginan Google: selalu mencari keyword, onpage SEO sampai dengan mencari backlink yang gak penting buat artikel kita bisa nge-rank di google.
Kalau dikembalikan lagi ke istilah blogger, ya seharusnya mereka menulis apa yang mereka bisa. Sharing apa yang menjadi keahlian, atau sekedar berbagi perspektif tentang apa yang terjadi di dunia ini.
Apabila definisi blogger dikembalikan seperti ini (bukan pencari dollar) maka 3 hal ini menjadi sangat penting :
1. Ambil satu niche dan fokus
Sangat penting bagi orang lain untuk tahu dia membaca blog anda untuk mencari informasi mengenai apa. Oleh karena itu, blog yang isinya gado-gado, pada akhirnya hanya akan mengandalkan traffic dari search engine.
Sedangkan blog yang menguasai satu niche dan fokus disana, akan mendapatkan ‘branding’ yang lebih tahan lama. Kekuatan ‘branding’ ini yang akan membuat blog kita mempunyai otoritas dan integritas. Keduanya akan membentuk ‘trust’ yang membuat pembaca akan percaya apapun yang kita tulis.
2. Design
Biar bagaimanapun juga, pembaca memerlukan kenyamanan pada saat membaca blog kita. Apabila anda ingin vsitor lebih banyak membaca informasi di blog, kurangi gambar yang tidak berguna dan berikan manfaat yang banyak dari tulisan.
Desain harus bersih, rapi dan terstruktur.
Berikan link ‘related articles’ untuk mempertahankan visitor di blog anda. Beda lagi kalau blog anda tentang photography atau graphic design misalnya, disini gambar-gambar menjadi kekuatan utama. Walhasil, anda harus mengurangi kata-kata.
3. Lupakan SEO, tulis tentang passion anda.
Buat saya, SEO itu menjebak. Lupakan saja.
Tulislah yang menyenangkan buat anda.
Jadikan aktivitas blogging menjadi menyenangkan. Ingat, yg kita bangun adalah otoritas dan integritas. Kalau menulis menjadi aktivitas menyenangkan, menulis artikel ribuan tidak akan berasa.
Apabila anda men-outsourcing-kan artikel, anda akan merasa sangat kehilangan momentum. Tulislah manual. Cintai blog anda sepenuhnya karena saya percaya pembaca bisa membedakan artikel yang biasa saja dan artikel yang ditulis dengan sepenuh hati.

Indri Lidiawati — JuraganCipir

Indri Lidiawati JuraganCipirMenurut saya 3 strategi sederhana namun ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru, diantaranya:
1. Menyiapkan bahan konten
Sebelum membuat blog, pertama kita harus menyiapkan “rencana bahan konten” yang sekiranya tidak akan pernah habis. Perlu kita tahu, jika kita kehabisan bahan konten di tengah jalan maka update artikel akan terhambat sehingga blog tidak akan bisa cepat tumbuh besar dan tidak mampu bersaing di halaman pertama google. Dan semakin tinggi trafik blog maka akan semakin banyak pula kebutuhan artikel unik yang harus diupdate setiap hari agar trafik blog kita tidak jatuh.
Suatu saat nanti blog kita akan semakin membesar dan memerlukan banyak konten yang bervariasi, oleh karena itu kita harus mempersiapkannya dari sekarang dengan membuat blog yang bisa diisi dengan konten apa saja. Tidak perlu pilih-pilih konten, yang penting blog kita bisa bertrafik tinggi maka akan mudah untuk digunakan cari uang dengan cara apapun.
2. Terus menulis artikel
Paksa diri kita untuk terus menulis artikel. Biasanya para blogger pemula akan putus asa dan malas update ketika melihat trafik blognya tidak bisa naik meskipun setiap hari mereka rajin update artikel orisinil dan berkualitas. Padahal masalah seperti itu juga dialami oleh semua blogger manapun yang ada di internet. Bahkan website-website besar juga mengalami hal itu.
Pokoknya kita harus mengusir rasa malas dan bisa memaksa diri kita untuk terus menulis sebanyak-banyaknya di blog kita setiap hari. Kita tidak perlu berpikir trafik, karena trafik akan datang sendiri tanpa kita minta jika jumlah artikel kita telah banyak dan terus bertambah setiap hari.
3. Belajar dari blog lain yang sukses
Tidak ada blogger yang sempurna, karenanya kita juga harus belajar dari blogger lain. Namun jangan suka mencontek cara-cara blogger lain, tapi cari tahu bagaimana agar blog kita bisa besar seperti mereka dengan menggunakan kemampuan yang ada pada diri kita sendiri. Bisa jadi blog kita nantinya akan lebih besar dari mereka.
Jika kita menyadari, sebenarnya website-website besar tersebut tidak berbeda dengan blog kita, yang membedakan hanyalah mereka mampu update artikel orisinil dalam jumlah banyak setiap harinya, dan itulah yang membuat website mereka menjadi website besar.
Sebagai solusi terakhir adalah mempekerjakan karyawan penulis jika kita sudah tidak mampu lagi memenuhi permintaan update artikel setiap hari di blog kita yang telah menjadi besar. Dan tidak ada website besar yang hanya diupdate oleh satu orang saja.

Adhy Suryadi — KompiAjaib

Adhy Suryadi KompiAjaibBagi saya, 3 strategi untuk mempercepat perkembangan blog baru yang sudah pernah saya alami di antaranya:
1. Tema Blog
Dengan tampilan yang elegan dan enak dipadang, pembaca akan kerasan membaca artikel-artikel blog kita.
Dengan tema yang memiliki loading yang cepat maka akan semakin memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang diinginkannya. Sebuah tema blog tidak hanya memiliki tampilan yang elegan, namun juga harus memiliki loading yang cepat.
Responsive dan mobile friendly agar bisa mudah diakses dengan perangkat mobile yang kini penggunanya semakin meningkat.
Valid HTML5, untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang, namun saya yakin dengan tema yang valid HTML5 atau memiliki lebih sedikit error validasi HTML5 akan semakin bersahabat dengan browser dan mesin pencari.
Ini referensi yang cukup bagus untuk kita simak.
2. Domain dan hosting
Menurut saya domain TLD dan self-hosting sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah blog baru.
Ini adalah sebuah faktor untuk memberikan kepercayaan pembaca maupun mesin pencari bahwa blog blog dibangun dengan profesional dan sungguh-sungguh. Dengan begitu akan semakin memberikan rasa percaya kepada pembaca bahwa konten yang dia baca benar-benar bisa dipertanggung jawabkan dan bukan konten yang asal-asalan.
3. Konten dan Promosi
Terakhir yang bisa mempercepat perkembangan sebuah blog adalah konten.
Karena akan menjadi percuma sebuah blog meski sudah memenuhi 2 poin di atas tapi tidak memiliki konten. Buat konten yang menarik yang berupa infrmasi yang segar. Perlu diingat, tidak ada konten yang benar-benar original karena keterbatasan pengetahuan manusia.
Jadi untuk membuat konten maka bisa dipastikan memerlukan referensi lain yang berkaitan dengan konten yang sedang kita buat. Dengan begitu kita bisa membuat konten baru dari beberapa referensi ehingga menjadi segar kembali dan lebih kaya materi sehingga pembaca akan merasa puan dengan uraian kita.
Namun jika kita berani, buatlah konten yang kontroversial (namun dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya) dengan begitu akan semakin menarik pembaca untuk mengetahui isi konten tersebut.
Dan kalau bisa buatlah postingan secara rutin dan sebarkan ke sosmed secara elegan sebagai bagian dari promosi blog, karena untuk blog baru belum bisa mengandalkan hanya dari mesin pencari namun kita juga harus mencari pembaca.
Akan lebih baik jika kita memiliki modal, maka bisa mencoba dengan mengiklankan konten kita, bisa di FB, Twitter, atau Adword.

Agus Mulyadi — AgusMulyadi.web.id (Facebook)

Agus Mulyadi       Karena blog saya adalah blog personal dan tidak terlalu mengandalkan visitor dari mesin pencari, jadi saya berusaha membuat konten di blog semenarik mungkin.
       Caranya adalah dengan menyisipkan beberapa konten jenaka, atau bisa juga dengan gambar-gambar ilustrasi yang sebisa mungkin bisa memancing senyum pembaca. Karena saya sadar, humor adalah human interest yang paling ampuh.

        Saya punya beberapa blog, namun agusmulyadi.web.id adalah blog utama yang paling saya update (mungkin karena itu blog personal), jadi di beberapa blog lain yg saya miliki, saya selalu menaruh widget recent post dari feed blog utama di blog lain, sehingga ketika ada yang membuka blog saya yg lain, kemungkinan bakal ada satu dua yang nyangkut nyasar ke blog utama saya.

       Jalin interaksi personal dengan pembaca. Itu yang paling penting. Saya selalu berusaha sebisa mungkin untuk bisa berinteraksi dengan pembaca blog saya (entah lewat fanspage facebook, twitter, ataupun di kolom komentar itu sendiri), terutama pembaca yang rutin memberikan komentar.


       Karena hal ini saya rasakan cukup ampuh untuk membangun hubungan emosional antara blogger dan pembaca. Dan hasilnya cukup bagus, mereka dengan sukarela selalu menjadi buzzer blog saya, bahkan beberapa kali sampai ada beberapa pembaca yg mengirimkan saya bingkisan atau mengajak saya ketemuan dan nraktir saya di rumah makan.

Muhammad Ali Mudzofar — Dzofar (Twitter)

Ali Mudzofar1. Jadi diri sendiri. Penting ini. Jadi kalau nulis artikel itu harus punya ciri khas. Gak nyontek ciri khas orang lain.
Kalau blogku itu ciri khasnya blak-blakan, sombong, tapi tetep asyik! Hahaha
2. Balas komentar dan rajin blogwalking. Ngeblog tanpa kedua hal itu sama saja bikin website statis yang menurutku kurang berinteraksi dengan pembaca.
3. Jujur.

Winda Krisnadefa — EmakGaoel

Winda Krisnadefa EmakGaoelDengan asumsi blog baru adalah apabila sudah memiliki nama blog dan template yang menarik, maka strategi dasar yang paling ampuh untuk mempercepat perkembangannya menurut saya adalah:
1. Mengisi dengan konten yang banyak menarik minat orang, sekaligus memiliki ciri khas atau keunikan.
Hal ini memang tidak bisa serta-merta didapat, melainkan dengan banyak menulis. Karena untuk menemukan ciri khas dalam menulis di blog memerlukan waktu. Maka dari itu, untuk blog baru saya sarankan sering-sering update post baru, supaya makin cepat menemukan gaya khasnya.
2. Blogging sebaiknya sejalan dengan blogwalking.
Keduanya sebaiknya dilakukan bersama. Blogwalking banyak memberi manfaat, terutama untuk blog baru. Blogwalking adalah salah satu cara memperkenalkan blog kita yang masih hijau ke dunia blogger. Kita menyapa sesama blogger, membaca blog post, mendapat pengetahuan baru, menjalin komunikasi dengan meninggalkan komentar, dan sebagai bonus, link yang kita tinggalkan akan menjadi jejak blogger yang kita kunjungi untuk dapat
berkunjung kembali ke blog kita.
3. Bergabung dengan banyak komunitas blogger.
Dengan menjalin hubungan yang luas dengan sesama blogger, networking blog baru kita akan cepat meluas.

Isnuansa Maharani — Isnuansa.com

Isnuansa MaharaniSewaktu saya membuat blog dulu, sama sekali belum terpikir bahwa dari blog kita bisa mendapatkan penghasilan. Jadi ya motivasi utamanya memang murni sebagai sarana untuk curhat.
Tetapi kini situasinya sudah jauh berubah.
Jadi dari awal mula seseorang akan membuat blog, perlu dipikirkan hingga jauh, akan dibawa ke mana
hubungan kita blog itu nantinya. Siapa target pembacanya, dan bagaimana rencana bisnis yang akan dijalankan buat blognya tersebut.
Apakah ngejar page view dan berharap penghasilan dari iklan pay per click, atau menjadi blogger tukang review kayak saya, atau mau menjalankan bisnis afiliasi? Yang mana? Karena ketiganya berbeda menurut saya dan berpengaruh pada gaya blog yang dikelola.
Perlu diingat, nggak ada cara yang instan agar sebuah blog mendapatkan pembaca yang loyal dan cukup banyak jumlahnya sehingga bisa dikonversikan menjadi penghasilan buat pemiliknya.
Selama beberapa bulan pertama, pastinya harus secara reguler mengisinya dengan konten yang bermutu. Belajar SEO juga penting. Networking juga penting. Kenalan sama banyak blogger lainnya, bisa jadi pembuka pintu rezeki buat kita. ðŸ˜‰

Maulana Malik — MaulanaMalik.com (Twitter)

Maulana Malik1. Konten yang berkualitas
Konten yang berkualitas tentu saja akan membuat orang nyaman untuk membaca/menonton materi yang ada di blog anda, saya adalah tipe orang yang mikir jangan asal bikin blog cuma karena ingin mengincar traffic, kemudian isi postingan jadi keyword semua, malah bikin orang ga nyaman.
Prinsip saya dari dulu di IM adalah beri value sebanyak-banyaknya, maka profit akan mengikuti secara natural nantinya.
2. Fokus pada niche tertentu, jangan general
Bangun brand anda. Jadilah ‘mastah’ di bidang tertentu. Sehingga ketika orang berpikir tentang “A” mereka akan datang ke anda.
3. Tidak perlu jadi yang terbaik, jadi yang paling beda
Sentuh sisi unik yang bisa anda tonjolkan. Jadi yang terbaik itu susah, dan itu tidak anda perlukan. Yang anda perlukan adalah jadi yang paling beda ðŸ™‚

Rio Quiserto — Duwitmu

Rio Quiserto Duwitmu1. Sampaikan Konten yang bermanfaat.
Bermanfaat artinya sesuai dengan kebutuhan pembaca. Karena itu, pemilik blog perlu memahami profil pengunjung blog dengan baik.
2. Desain blog yang bagus akan menarik pengunjung.
Desain adalah elemen penting karena pada dasarnya semua orang senang melihat desain yang baik. Dengan meningkatnya akses via handphone, design mobile dalam blog sangat penting. Pastikan blog bisa dibaca dengan nyaman dan diakses dengan cepat melalui mobile phone.
3. Sampaikan konten yang orisinal.
Konten yang copy-paste tidak akan bermanfaat buat pengunjung dan akan menurunkan kredibilitas Anda. Lebih baik memastikan kualitas konten yang original dibandingkan sering mengisi dengan konten yang tidak bermanfaat.

Aulia Masna — ADdiction.id (Twitter)

Aulia Masna Addiction“Cara ampuh” itu istilah yang lucu karena ngga ada yang pasti apalagi di dunia blogging, tapi yang jelas sebuah blog itu kontennya harus konsisten, sering ada post baru, dan tulisannya relevan untuk calon pembaca. Urusan jadi populer itu ya tergantung relevansi konten dan kemasan.
Contohnya WowShack yang relatif masih baru tapi sudah cukup populer. Kontennya hampir semua daur ulang dari mana-mana dan biasanya udah pernah dibaca bertahun-tahun yang lalu tapi karena judulnya dibuat “menarik” dan dikemas untuk dibagi, ya dia cepat populer.
Atau Hipwee yang isinya ringan, menghibur, informatif, dan menggelitik. Ngga sampe enam bulan udah punya traffic sejuta pageviews.
Itu dua contoh blog yang cepat populer karena isinya bisa dibilang super ringan dan sangat mendorong orang untuk share di mana-mana.
Kalau blog yang kontennya serius dan ngga sensasional, biasanya jauh lebih sulit untuk jadi populer dan pembacanya akan selalu terbatas ke yang memang punya minat di bidang yang dibahas. Jadi perlu ada balance antara konten serius/bergizi dan ringan/snack dan untuk ini biasanya perlu sejumlah penulis yang punya latar, kebiasaan, dan pendekatan blogging yang berbeda, sulit kalau cuma sendiri.

Asri Tadda — AsriTadda.com

Asri Tadda1. Quality Content
Bagaimanapun tampilan sebuah blog jika tidak disertai dengan konten yang berkualitas, tidak akan memberikan keuntungan yang berarti. Konten berkualitas hanya bisa lahir dari riset yang serius terhadap kebutuhan pembaca dan trend pencarian di mesin pencari populer.
2. Social Engagement
Ranah media sosial sudah tidak bisa dinafikkan. Membangun social engagement dengan pembaca merupakan sebuah syarat eksis tidaknya sebuah blog. Optimalkan pemanfaatan semua media sosial terutama dalam menciptakan brand sebuah blog dan membangun komunitas pembaca.
3. List Building
Ketika sebuah blog sudah memiliki trafik, itu artinya Anda sudah bisa membangun komunitas pembaca tetap melalui proses list building. Manjakan pelanggan blog Anda dengan konten yang mereka butuhkan dan aneka informasi lain yang hanya didapatkan oleh mereka yang menjadi subscriber.

 Swastika Nohara — LifeTimeJourney.me

Swastika Nohara LifeTimeJourneyMenurut saya blog baru agar lebih cepat berkembang perlu konsisten mengupdate konten, minimal seminggu sekali, kalau bisa lebih sering.
Lalu pemilik blog perlu sering blogwalking, meninggalkan komen dan berinteraksi dengan blog-blog lain.
Pemilik blog juga perlu aktif di media sosial, terutama Google+ dan menyebarkan link blognya setiap selesai mengupdate blog post baru.

Ahmad Khoirul Azmi — TautWeb & Buka Rahasia

Ahmad Khoirul Azmi TautWeb1. Konten, Konten, Konten
Bahkan saat blog masih amburadul alias desain masih apa adanya dan belum sesuai dengan keinginan Sang Blogger, konten HARUS menjadi fokus utama. Seorang blogger memiliki tugas utama menyajikan buah pikiran dalam bentuk tulisan/artikel (atau jenis konten lainnya, misalnya gambar dan video, jika memang fokusnya ke situ juga).
Membangun blog diawali dengan konten, BUKAN desain dan pernak-perniknya. Seorang blogger baru, atau blogger yang memulai sebuah blog baru, pasti memiliki sedemikian banyak ide yang ingin dituangkan ke dalam blognya, sesuai dengan konsep yang sudah dipikirkan sebelumnya.
Persiapkan konsep. Saya mau bawa blog ini k mana, fokus blog ini apa, apa niche-nya, target pembaca seperti apa, lalu ejawantahkan dalam bentuk konten yang sesuai. Tuangkan dan tulis konten sebanyak-banyaknya, selagi ide, pemikiran, dan konsep itu masih segar. Perkaya konten dengan tidak meninggalkan sisi kualitas. Kejar, menggilalah! Tuangkan sebanyak-banyaknya. Jangan pikirkan traffic, SEO, dan tetek bengek lainnya.
Baru setelah proses ini benar-benar memperkaya blog, fokus bisa sedikit demi sedikit dialihkan ke aspek-aspek lainnya, misalnya memperkaya desain, fitur, mempermudah akses, dan lain sebagainya.
2. Promosi, Promosi, Promosi
SEO bukan satu-satunya jalan. Optimasi search engine hanyalah sekelumit ide untuk menambah popularitas blog. Cara ini sudah banyak dibahas, sebagian dengan cara yang benar-benar dengan proses, sebagian lagi menyajikan cara-cara instan ala blackhat SEO (yang kandasnya juga instan pula). Saya tidak akan bahas ini lebih jauh.
Tapi pada dasarnya, promosi terbaik dan nomor satu adalah konten itu sendiri. Konten mencerminkan penulisnya. Yakini bahwa anda sudah menyajikan yang terbaik, pastikan. Jika belum, perbaiki. Baru setelah itu terjunlah ke dunia khalayak online (netizen). Perkenalkan diri anda di social media, kontak para blogger, sajikan solusi khas anda dan blog anda.
Mainlah ke blog-blog lain, bukan dalam rangka “tanam link”, tapi menjalin komunikasi yang berkualitas dan dua arah. Terjun ke forum-forum, tanya dan jawab, Buatlah keduanya seimbang, ada memberi dan menerima. Intinya, perkenal diri anda ke khalayak sebagai “wakil” dari blog anda. Pastikan identitas blog selalu lekat atau berkaitan erat dengan diri anda.
Jadi, kuncinya: Jika anda ingin mempromosikan dan meningkatkan popularitas blog, cara terbaik adalah dengan “mempromosikan” diri anda sendiri sebagai “dia” yang berada di balik blog Anda (authorship dan authority). Ini adalah cara paling efektif. Sekarang sudah bukan jamannya lagi blog dengan pemilik anonim.
Akun personal serta Fanpage Facebook dan Twitter menurut saya merupakan sinergi bagus untuk promosi konten sekaligus berkomunikasi dengan khalayak dan blogger lain. Google Plus lebih kepada upaya meningkatkan visibilitas dan promosi konten (share link), tapi sejauh pengalaman, komunitas Google Plus kurang berkembang, entah karena fitur-fiturnya yang “kurang friendly” (load lama, berat, diskusi kurang efisien, dll) atau memang sudah kalah pamor dengan FB dan Twitter.
Pastikan akun-akun ini terpampang di blog anda (dalam bentuk widget misalnya), agar pengunjung bisa follow, like, dan sejenisnya. Sebagai hasil pengalaman, pengunjung yang suka konten sebuah blog bisa dipastikan ingin mengikuti update dari blog itu ( meski sembunyi-sembunyi ðŸ™‚ )
3. Rawat, Rawat, Rawat
Merawat blog adalah “seni” tersendiri. Blog yang terurus akan menunjukkan bahwa blog tersebut “hidup”. Salah satunya adalah dengan update konten. Frekuensi bisa anda tentukan sendiri, yang terpenting adalah respon anda terhadap pembaca tidak berhenti. Respon bisa berupa menjawab pertanyaan di komentar, mewujudkan pertanyaan di komentar dalam bentuk artikel, menambah wacana-wacana atau ide baru, dan lain sebagainya.
Merawat blog juga berarti melakukan analisis perkembangan blog (dengan analytics maupun secara manual). Apakah traffic naik atau turun? Apakah konten yang saya sajikan banyak disukai? Kira-kira apa lagi yang diharapkan pengunjung dari blog saya? Apakah dari sisi SEO ada perubahan (naik atau turun)? Apa saja yang perlu saya perbaiki? Apa saja target yang sudah tercapai? Target baru apa lagi yang mesti saya buat? Dan seterusnya… Buat pertanyaan-pertanyaan seputar perkembangan blog dan jawab sendiri dengan solusi tindakan konkrit.
Merawat blog juga memperhatikan kesehatannya, misalnya kecepatan akses, kondisi server (jika pake hosting sendiri), dan faktor-faktor aksesibilitas lainnya (desain yang user friendly, mobile-friendly). So, merawat blog juga berarti memperhatikan kenyamanan pengunjung.
Wajar jika seorang pengunjung lari jika akses blog lemot. Wajar jika seorang pengunjung risih dengan widget-widget blog yang bergelantungan dan berterbangan kesana kemari. Wajar jika pengunjung yang melihat blog bersih merasa betah. Masih banyak lagi poin-poin serupa yang mesti diperhatikan. Hal demikian terkesan sepele, tapi memiliki dampak luar biasa. Maka merawat blog adalah poin penting ketiga yang saya kira tidak boleh luput dari perhatian, kapanpun juga.

Itulah semua tips dari para ahli!

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para blogger terbaik Indonesia yang bersedia meluangkan waktunya untuk diwawancarai…meskipun oleh saya yang bukan siapa-siapa.
Inilah semua tips yang anda butuhkan untuk membuat blog yang sukses.
Semua tips pastinya sudah teruji.
Maka dari itu tidak ada alasan untuk ragu-ragu. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengaplikasikan tips ini ke blog anda sendiri.
1 hal lagi:
Ada beberapa tips yang sepertinya bertentangan. Misalnya beberapa menyarankan tidak perlu terlalu sering menerbitkan konten, ada juga yang menyarankan sebaiknya sering.
Mana yang benar?
Keduanya benar.
Tergantung dari jenis blognya.
Jadi…lihat dulu jenis blog yang mereka miliki, dan blog yang anda miliki.
Ingin berpartisipasi?
Apa tips blogging paling efektif menurut anda? Tuliskan melalui komentar di bawah.
Tips yang menarik akan saya sertakan dalam artikel ini.

Post a Comment

0 Comments