Cara Mudah Tambah VRAM Intel HD Untuk Main Game Berat PC/Laptop

Cara Mudah Tambah VRAM Intel HD

foto-hexus-intelhdvram
VRAM yang ada pada Intel HD saat ini, sebetulnya mampu hingga 64GB. Bahkan jauh lebih besar daripada Nvidia GTX Titan X Pascal yang ada di 12GB. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menaikannya, Jaka ingin memberitahu dulu bagaimana cara kerja VRAM Intel HD ini.
Berbeda dengan VRAM pada dGPU, Intel HD atau APU atau iGPU dia akan menggambil RAM dari CPU yang dipakai untuk proses. Atau bisa juga disebut dengan Shared Memory. Jadi besar VRAM pada Intel HD, akan sangat berpengaruh dengan besar RAM.

Cara 1: Tambah VRAM Intel HD

foto-pvladov-intelhdvram
Berbicara mengenai bagaimana cara tambah VRAM Intel HD, sebetulnya sangat bergantung pada manufaktur motherboardnya. Ada yang menyedikan opsi pengaturan ukuran VRAM pada BIOSnya, ada juga yang tidak.
Apabila manufaktur tersebut mendukung. Maka kamu cukup masuk ke BIOS, lalu cari menu untuk konfigurasi Shared Memory. Atur sesuai keinginan, lalu selesai. Namun apabila tidak ada dukungan ini, kamu hanya bisa pasrah terhadap setting otomatis dari pihak manufaktur.

Cara 2: Tambah VRAM Intel HD

foto-macslow-intelhdvram
Cara selanjutnya untuk menambah VRAM, yaitu dengan tambah RAM. Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, pada sistem APU jumlah VRAM akan sangat bergantung dengan jumlah RAM. Karena RAM dibagi untuk CPU dan GPU.
Namun kembali lagi, hal ini tidak selalu pasti bisa dilakukan. Tergantung dengan manufaktur motherboardnya. Ada yang jika memang tambah RAM lalu VRAM ikut naik, ada juga yang tidak.

Kesimpulan

Agar mudah dipahami, berikut Jaka buatkan poin-poin kuncinya sebagai berikut.
  • Intel HD adalah iGPU dari APU milik Intel.
  • VRAM pada Intel HD sangat berpengaruh terhadap jumlah RAM. Karena RAM dipakai berbagi antara CPU dan GPU (Shared Memory).
  • Tergantung manufaktur motherboard. Ada motherboard yang bisa mengatur besaran VRAM melalui BIOS, ada juga yang tidak.
  • Tergantung manufaktur motherboard. Dengan tambah RAM, bisa menaikan VRAM secara otomatis. Namun ada juga yang tidak.
  • Jika manufatur motherboard sudah mengunci nilai VRAM, maka kamu hanya bisa pasrah. Kecuali kamu mau ambil risiko rusak permanen apabila gagal dengan modifikasi BIOS.
  • Apakah bisa menaikan VRAM Intel HD pada semua jenis PC/laptop? Tidak, tergantung manufaktur motherboardnya.
Bagaimana jika VRAM terlalu besar, sehingga ruang RAM mengecil? Intel memiliki sebuah teknologi yang disebut dengan Dynamic Video Memory Technology (DVMT). Dimana dengan teknologi ini, bisa secara otomatis mengatur Shared Memory secara dynamic sesuai kebutuhan.
Apabila VRAM kamu mencukupi, bahkan kamu bisa memainkan game GTA V hanya dengan memakai prosesor seharga Rp 800 ribuan. Berikut video performanya untuk Intel G4560 dan Intel HD 610, pada GTA V Low @720p 30FPS.

Post a Comment

0 Comments