Top 9 Distro Linux Terbaik Tahun 2016

Distro Linux Terbaik Tahun 2016


pada tahun 2016 tentunya akan menjadi lebih menarik ketimbang tahun sebelumnya. Maka dari itu pada artikel ini, saya mencoba memaparkan beberapa distro Linux terbaik yang akan bersinar pada tahun 2016.


1. OpenSUSE

Tidak di herankan lagi SUSE menjadi distro Linux terbaik dari tahun ke tahun. Perusahaan openSUSE ini merupakan perusahaan Linux tertua alias senior. Perusahaan ini benar-benar mendahului raja Linux Red Hat. SUSE juga sponsor dari openSUSE distro berbasis opensource karena di kenal dengan friendly nya.

Pada 2015, tim openSUSE memutuskan untuk datang lebih cepat untuk SUSE Linux Enterprise (SLE) sehingga pengguna bisa memiliki distribusi untuk berbagi DNA dengan server perusahaan - mirip dengan CentOS dan Ubuntu. Dengan demikian, openSUSE menjadi openSUSE Leap, distribusi yang langsung berdasarkan SLE SP (service pack) 1.

Kedua distro ini akan berbagi basis kode untuk menguntungkan satu sama lain - SUSE akan mengambil apa yang baik di openSUSE dan juga sebaliknya. Dengan langkah ini, openSUSE juga membolos siklus rilis reguler, dan versi baru akan dirilis sinkron dengan SLE. Itu berarti setiap versi akan memiliki siklus aktif dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Sebagai hasil dari langkah ini, openSUSE telah menjadi distribusi yang sangat penting karena potensi pengguna SLE sekarang dapat menggunakan openSUSE Leap. Itu tidak semua, akan tetapi openSUSE juga mengumumkan perilisan Tumbleweed, versi rolling-release murni. Jadi, sekarang pengguna dapat menggunakan super-stabil openSUSE Leap atau selalu up-to-date openSUSE Tumbleweed.


2. Distro Custom: Arch Linux

Arch Linux adalah yang distribusi terbaik rolling-release di negara luar. Arch Linux adalah distro besar bagi mereka yang ingin belajar segala sesuatu tentang Linux. Karena Anda harus menginstal semuanya secara manual, Anda sebaiknya mempelajari semua potongan-potongan dari sistem operasi berbasis Linux.

Arch ini berarti distribusi yang paling disesuaikan. Tidak ada "Arch" setiap DE. Semua yang Anda dapatkan adalah yayasan dan Anda dapat membangun distro apapun sesuai keinginan. Di samping itu, untuk baik atau buruk, tidak seperti openSUSE atau Ubuntu tidak ada patch tambahan atau integrasi. 


Arch Linux juga merupakan salah satu rilisan terbaik secara bergulir. Dimana selalu diperbarui. Pengguna selalu menjalankan paket terbaru, dan mereka juga dapat menjalankan software pra-dirilis melalui repositori yang tidak stabil. Arch juga dikenal karena memiliki dokumentasi yang sangat baik. 



3. Pendatang Baru Terbaik: Solus

Distro Linux Terbaik

Sistem operasi solus telah mengumpulkan cukup banyak perhatian akhir-akhir ini. Ini adalah sistem operasi yang layak muncul dari awal. Ini bukan turunan dari Debian atau Ubuntu. Muncul dengan lingkungan desktop Budgie, yang dibangun dari awal tetapi bertujuan untuk mengintegrasikan dengan Gnome. Solus memiliki pendekatan minimalis yang sama seperti Google Chrome OS. Distro-Solus tidak bermain dengan Solus banyak, tapi itu memang terlihat menjanjikan. Solus sebenarnya bukan sistem operasi "baru". Hanya saja dalam bentuk dan nama yang berbeda. 



4. OS Cloud terbaik: Chrome OS

Chrome OS mungkin tidak khas distribusi berbasis Linux karena sistem operasi berbasis browser untuk aktivitas online. Namun, karena hal ini didasarkan pada Linux dan kode sumbernya tersedia bagi siapa saja untuk mengkompilasi, ini merupakan OS yang menarik. Chrome OS bersama dengan Android, layak semua kredit untuk membuat Linux populer di PC dan ruang mobile.


5. Distro terbaik untuk Desktop: Linux Mint Cinnamon

Linux Mint Cinnamon adalah sistem operasi terbaik untuk desktop dan laptop kuat. Banyak yang menilai jauh lebih bagus dari Mac OS X dari dunia Linux.


6. Distro terbaik untuk Games: Steam OS

Game telah menjadi kelemahan desktop Linux. Banyak pengguna dual-boot dengan Windows hanya untuk dapat bermain game. Valve Software sedang mencoba untuk mengubah itu. Valve adalah distributor game yang menawarkan klien untuk menjalankan game pada platform yang berbeda. Dan, Valve sekarang telah menciptakan sistem operasi terbuka mereka "Steam OS" untuk menciptakan sebuah platform game berbasis Linux. Pada akhir 2015, mitra mulai pengiriman mesin uap ke pasar.


7. Server OS terbaik: Debian / CentOS

Jika Anda melihat menjalankan server, tetapi Anda tidak mampu atau tidak mau membayar biaya berlangganan untuk RHEL atau SLE, maka tidak ada yang lebih baik dari Debian atau CentOS. distro ini adalah standar emas ketika datang ke server berbasis masyarakat. Dan, mereka didukung untuk waktu yang sangat lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang upgrade sistem Anda begitu sering.


8. Distro terbaik untuk Produksi Multimedia: Ubuntu Studio

Distro Linux Terbaik

Produksi multimedia adalah salah satu kelemahan utama dari sistem operasi berbasis Linux. Semua aplikasi profesional kelas yang tersedia baik untuk Windows atau Mac OS X. Tidak ada kelangkaan layak software produksi audio / video untuk Linux, namun sistem produksi multimedia membutuhkan lebih dari aplikasi hanya layak. Harus menggunakan lingkungan desktop yang ringan sehingga sumber daya sistem yang berharga - seperti CPU dan RAM - yang digunakan hemat oleh sistem itu sendiri, meninggalkan mereka untuk aplikasi multimedia. Dan, distribusi Linux terbaik untuk produksi multimedia adalah Ubuntu Studio. Menggunakan Xfce dan dilengkapi dengan berbagai audio, video, dan aplikasi editing gambar.


9.Server OS terbaik: Debian / CentOS

Jika Anda melihat menjalankan server, tetapi Anda tidak mampu atau tidak mau membayar biaya berlangganan untuk RHEL atau SLE, maka tidak ada yang lebih baik dari Debian atau CentOS. distro ini adalah standar emas ketika datang ke server berbasis masyarakat. Dan, mereka didukung untuk waktu yang sangat lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang upgrade sistem Anda begitu sering.

Post a Comment

0 Comments