15 Text Editor Yang Sering Digunakan Programmer

11 Text Editor Yang Sering Digunakan Programmer


Membuat sebuah progam yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kenyamanan programmer memakai text editor. Banyak text editor yang digunakan untuk menulis berbagai code atau script pemrograman. text Editor yang sering digunakan programmer berbeda beda. Karena mereka (para programmer) menggunakan text editor yang memudahkan pekerjaan mereka.
Sebuah aplikasi atau tools untuk membuat kode atau coding tentunya diperlukan. text editor membantu untuk menulis berbagai syntax code. text editor merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan programmer untuk menulis atau membuat code atau script programmnya, selain programmer, web developer, web designer turut serta menggunakan text editor untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.
Sebuah text editor dapat membantuk menulis kode pemrograman tanpa terdapat compiler yang digunakan mencoba atau mengtest progam yang dibuatnya atau hasil codingannya.
Selain itu pada text editor juga terdapat fitur fitur berbagai macam seperti search dan replace, syntax highlighting, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, line number, code folding, snippet dan lainnya.

Untuk membuat sebuah program dengan baik atau ngoding dengan lancar tentunya kita bisa menggunakan text editor yang sering digunakan programmer. Karena programmer selalu menggunakan text editor yang baik untuk membuat program. Oleh karena itu pada kali ini saya akan berbagi informasi mengenai text Editor Yang Sering Digunakan Programmer Indonesia Maupun Dunia. berikut 11 tool yg sering di gunakan para programer :

1. Notepad++

Notepad++ atau dibaca Notepad plus plus merupakan text editor yang banyak digunakan oleh orang orang baik yang awam coding maupun yang ahli. Saya juga menggunakan notepad++. text editor yang digunakan untuk pengguna sistem operasi windows. Notepad++ merupakan text editor yang ringan untuk membuat program dari berbagai program bahasa selain itu notepad++ bisa digunakan untuk mengedit sourcecode. Notepad++ memiliki fitur syntax highlighting, syntax folding, user defined syntax highlighting and folding, perl compatible regular expression search/replace, customizable GUI, document map, auto-completion, multi-document, multi-view, WYSIWIG printing, zoom in and zoom out, multi-language environment supported, bookmark, macro recording and playback, launch with different argument, multi-editing, column-mode editing, line number.
Selain itu notepad++ mendukung pengeditan tab. Hal yang membuat programmer banyak menggunakan notepad++ adalah notepad++ bersifat gratis dan mempunyai banyak plugins, serta fitur sehingga banyak orang yang sudah mendownload notepad++. Notepad++ sudah lebih didownload lebih dair 30 juta kali dan memenangkan SourceForce Community Award untuk kategori Best Developer Tool.

2. Sublime Text

Selanjutnya Text Editor Yang Sering Digunakan Programmer yaitu Sublime text merupakan Text Editor yang bisa digunakan untuk semua sistem operasi. Sublime text berifat berbayar dan gratis, namun supaya anda tidak terganggu dengan munculnya popup lisensi disaat coding sehingga menggangu, baiknya anda membelinya karena harga lisensi sublime text sangat terjangkau. Sublime text memiliki banyak fitur, diantaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, plugin API.
Sublime text merupakan text editor yang sudah tidak begitu asing bagi programmer, web designer dan web developer dan coder lainnya. Tampilan yang bersifat simple dan modern membuat para programmer tertarik untuk menggunakan sublime text sebagai text editor untuk ngoding. Sublime Text memiliki banyak plugins, anda bisa mendownload plugins sublime text di Internet dan menginstallnya.

3. Visual Code Studio

Untuk membuat nyaman pengguna windows, Microsoft juga mengeluarkan text editor yang sangat membantu untuk para programmer menyelesaikan codingannya. Text editor ini bernama Visual studio Code. Visual studio code merupakan text editor yang dibuat oleh perusahaan teknologi raksasa yaitu Microsoft Corporation. Text editor visual studio ini dapat membantu anda diantaranya visual studio code sangat mendukung bahasa pemrograman visual sutdio intellisense dan git.
Meskipun buatan perusaahn microsoft, namun text editor visual studio code ini bisa digunakan disistem operasi Mac OSX dan linux juga ditambah dengan gratis, hal ini banyak membuat para programmer mendukung dan memakai text editor visual code dikarenakan sangat membantu menyelesaikan masalahnya dalam coding

4. Ultra Edit

Ultra edit juga salah satu Text Editor yang sering digunakan oleh coder karena bisa digunakan untuk semua sistem operasi, baik sistem operasi Mac OSX, Windows, dan Linux. Banyak yang menggunakan text editor Ultra Edit ini dikarenakan banyaknya plugin dan dukungan bahasa pemrograman sehingga bisa digunakan untuk membuat program. Ultra Edit bersifat gratis, namun untuk menggunakan semua fiturnya anda harus membeli lisensinya.
Banyak fitur fitur yang terdapat pada text editor ultra edit, diantaranya 64 bit file handling, unicode support, disk based text editing, large file handling, mulitiline find and replace, spell checker, localization support, syntax highlighting, tag matching form XML and HTML, FTP client and browser, SSH/Telnet Window, XML Manager, function list, project / workspace support, environment selector, integrated scripting language, configurable keyboard mapping, column/block mode editing, hexadecimal editor, code completion, auto expanding with Smart Templates, auto-completion, HTML Toolbar, WebSearch Toolbar, file encryption / decryption, multibyte support.

5. Atom

Selanjutnya text editor yang tidak kalah keren tampilannya yaitu Atom. Atom merupakan text editor yang mempunyai tampilan simple akan tetapi modern dengan slogan “A Hackable Text Editor”. Text editor atom menjadi perhatian para developer karena semua orang bisa mengembangkan text editor atom. Karena text editor atom bersifat “open source” yaitu berisfat gratis, terbuka dan bisa dikembangkan oleh semua orang.
Atom memiliki banyak fitur, diantaranya orang orang menyukai atom lantaran mempunyai fitur andalan seperti web based technology desktop text editor, file system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search and replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration.

6. Komodo Edit

Komo Edit merupakan text editor yang menggunakan bahasa pemrograman dinamis dan berbasis open source selain itu terdapat fitur fitur pada Text Editor komodo edit diantaranya tertanam dari Python Interpreter. Komodo edit mendukung banyak bahasa seperti python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php dan masih banyak lainnya, selain itu komo edit juga menggunakan basis kode mozilla bersama scintilla. Dengan menggunakan tampilan yang sederhana, komo edt dapat digunakan pada sistem operasi Mac OSX, Linux dan Windows.
Komponen editor yang terdapat pada text editor Komodo Edit diimplementasikan dengan menggunakan NPAPI atau Netscape Plugin Application Programming Interface. Komodo edit juga mempunyai fitur yang tidak kalah hebatnya dengan Text Editor lainnya yaitu multi language editor, auto complete, call tips, toolbox, project & place manager, multiple selections, skins and icon sets, breadcrumbs, open files pange, minimap, dan smart snippets.

7. Geany

Geany yang memiliki semboyan Small and Lightweight IDE merupakan text editor yang menggunakan toolkit GTK+ dengan mempunyai fitur yang terintegrasi dengan pengemban. Geany mempunyai fitur fitur yang sangat bagus diantaranya Syntax highlighting, Code folding, Symbol name auto-completion, Construct completion/snippets, Auto-closing of XML and HTML tags, Call tips, Many supported filetypes including C, Java, PHP, HTML, Python, Perl, Pascal (full list), Symbol lists, Code navigation, Build system to compile and execute your code, Simple project management, Plugin interface.
Geany dapat digunakan pada platform sistem operasi Linux, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, MacOS X, AIX v5.3, Solaris Express dan Windows. Sementara itu geany berisfat GNU atau genaral public license yang artinya Geany bersifat gratis atau tidak berbayar.

8. JEdit

JEdit merupakan Text Editor gratis yang tidak kalah dengan lainnya. JEdit pada sekarang sudah mencapai versi yang ke 2.0. JEdit ditulis dengan menggunakan Java dan dapat digunakan pada sistem operasi yang mendukung terhadap Java seperti sistem operasi BSD, Linux, Mac OSX, dan windows.
JEdit dibuat pada tahun 1998 oleh Slava Pestov. Pada JEdit terdapat fitur yang menarik seperti Syntax highlighting serta bisa digunakan untuk 200 format file dan mendukung format tambahan seperti dapat menambahkan file XML serta mendukung UTF-8 dan banyak pengkodean.
Jedit memiliki banyak fitur, diantaranya fitur runs on any operating system with java 1.6 or higher virtual machine, efficient keyboar shortcut for everything, unlimited undo/redo, copy paste with unlimited number of clipboards, register contents are saved across editing sessions, kill ring, rict set of keyboard command, markers, multiple open windows, split windows, rectangular selection, multiple selection dan word wrap.

9. Nano

Selanjutnya text editor Nano. Text editor nano hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan tampilan command line. Nano Text editor terakhir mengeluarkan versi yang ke 2.5 pada 6 hari yang lalu. Nano text editor bersifat gratis atau tidak berbayar atau GNU alias General Public License. Text editor nano ditulis dalam bahasa C.
Text editor nano dapat digunakan pada sistem operasi BSD, Linux, Mac OSX.
Salah satu fitur dari text editor nano yaitu text editor for command line, search and replace, goto line, column numbering, smart home, backup, bold text, tab to spaces, multi buffer, history log, undo and redo, wrapping text, auto indent dan syntax highlighting.

10. VIM

VIM yang memiliki slogan Vi Improved, a programmers text editor merupakan text editor untuk unix dan ditulis oleh Bram Moolenar. VIM di desain dengan baik dari tampilan menggunakan command line sebagai aplikasi GUI. VIM Text editor merupakan text gratis yang berbasi open source dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Mac OSX, Linux, Solaris dan BSD.
Meskipun tampilan dari VIM text editor command-line akan tetapi banyak fitur yang terdapat pada VIM yaitu diantaranya fitur multi level undo, multi windows and buffers, syntax highlighting, command line editing, filename completion, online help, visual selection, ex mode, view mode, gui mode, easy mode, restriction mode, arabic and hebrew support, binary mode, debugging mode, list mode, editor server for netbeans support, windows stacked, windows side by side, windows tab pages, recovery mode, silent mode, encryption dan remote file editing.

11. Kate

Kate merupakan text editor yang gratis dan dapat digunakan pada sistem operasi Linux, Windows, Mac OSX dan BSD. Kate merupakan kependekan dari KDE Advanced Text editor yaitu text editor yang dikembangkan oleh KDE. Versi 2.2 merupakan versi pertama yang diresmikan pada tahun 2001. Kate text editor mendukung TF-9, UTF-16, ISO-885901 dan pengkodean skema ASCII dan dapat mendeteksi karakter file pengkodean secara otomatis.
Fitur yang menjadi andalan pada Kate text editor adalah syntax highlighting, code folding, customizable layouts, regular expression support, extensibility, window splitting, multi-document interface, embedded terminal, session support, encoding support, bidirectional text rendering support, line ending support (Windows, Unix, Mac), open remote files, extensible through scripting, bookmarking system, scroll bar marks, line modification indicators, line numbers, code folding, bracket matching, highlighting for more than 180 languages, vi input mode, auto completion, smart comment, auto indentation, rectangular block selection mode, search and replace, backup dan restore.

Post a Comment

0 Comments